«

»

Dec 01

Dosen Teknik Elektro Unkhair Menjadi Narasumber Seminar Nasional Energi Terbarukan di Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara

Seminar Nasional Energi Terbarukan akan dilaksanakan Kamis (7/11/2019) besok di Aula Nuku lantai 4 Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara di Sofifi dan akan dibuka Gubernur Maluku Utara.

Seminar dengan thema harapan dan tantangan implementasi solar panel rooftop di Maluku Utara menuju ketahanan dan kemandirian energi itu juga dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Maluku Utara tahun 2019.

Pelaksanaan Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, dengan nara sumber Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Maluku dan Maluku Utara dan Direktur Tropical Renewable Energy Center (TREC) Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Subhan Petrana mengatakan, seminar yang dilaksanakan ini untuk mengkampayekan penggunaan energi matahari guna mencapai target 23 persen. ”Sesuai dengan Undang-Undang untuk target 23 persen, maka untuk Maluku Utara pada tahun 2025 sudah harus terinstal PLTS 203,5 mega watt,” Ungkap Subhan Paetrana.

Pada tahun 2025 kata Subhan Petrana dengan adanya transisi energi sehingga digalakan penggunaan energi matahari pada perkantoran maupun sekolah yang ditingkatkan untuk menopang energi listrik.

Seminar Nasional ini akan diikuti 100 peserta terdiri dari unsur pemerintah dan swasta, mahasiswa serta berbagai kalangan masyarakat umum. Sebelum pelaksanaan Seminar Nasional selama 2 hari sejak kemarin hingga hari ini telah dilaksanakan Pelatihan untuk menyiapkan tenaga terampil di bidang Energi Terbarukan khususnya PLTS kepada 50 peserta dipusatkan di Bengkel Listrik SMK Negeri 2 Kota Ternate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>